Archive for January, 2010

PRANAYAMA (Tehnik Pernapasan)

Prana (Sansekerta) atau Chi (Cina) atau Ki (Jepang) artinya kehidupan/ energi/ napas.
Yama/ Ayama (Sansekerta) artinya pengendalian, mengembangkan, memanjangkan.
Pranayama artinya memanjangkan kehidupan atau pengendalian energi/ napas.

Dalam berlatih hatha yoga, maka kita berlatih melakukan pernapasan penuh (pernapasan dalam) yang biasa disebut dengan Dhirga Swasam. Dhirga Swasam merupakan gabungan dari tiga langkah dalam bernapas, sebagai berikut :

  1. Napas Clavicular : napas-pendek-bahu
  2. Napas Intercostal : napas-sedang-dada
  3. Napas Abdominal : napas-dalam-diafragma

Dhirga Swasam dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru, menenangkan pikiran dan menimbulkan kejernihan batin, kedamaian pikiran, merelekkan otot-otot tubuh, menyegarkan sel-sel dan organ-organ dalam tubuh, membersihkan racun dalam tubuh dan menambah vitalitas. Read the rest of this entry »

ASANA/POSTUR

ASANA/Postur/Posisi/Sikap Tubuh

Asana mempengaruhi setiap aspek diri seseorang baik secara fisik maupun mental. Selain menyeimbangkan kerja sistem kelenjar juga menstimulasi sirkulasi darah dan prana, merelakkan otot-otot tubuh dan meningkatkan daya konsentrasi serta pemusatan pikiran.

Asana melatih otot-otot untuk berkontraksi (bergerak), mengeluarkan cadangan gula dalam tubuh dirubah menjadi asam susu dan asam susu dirubah menjadi tenaga tambahan.

Selama melakukan asana disertai dengan pernapasan dalam maka darah banyak menyerap oksigen yang sangat dibutuhkan oleh sel-sel tubuh. Selama melakukan asana tenaga lebih banyak dikumpulkan dari pada dipergunakan, sehingga tubuh penuh dengan energi vitalitas yang menyegarkan. Read the rest of this entry »

5 Prinsip Hatha Yoga

Hatha Yoga bertujuan membantu seseorang dalam mengembangkan pikiran melalui sebuah lima system / 5 Prinsip yang lengkap yaitu :

  1. Berlatih dengan benar dan tepat (Asana atau sikap tubuh) tujuannya untuk membantu melenturkan persendian, menguatkan tulang, menguatkan otot-otot tubuh, menstimulatasi sirkulasi darah, meningkatkan pemusatan pikiran dan daya konsentrasi yang akan mempengaruhi pada pengeluaran kelenjar endorfin, melatonin (kelenjar-kelenjar penenangan).
  2. Pernapasan yang benar (Pranayama atau teknik pernapasan), meningkatkan asupan oksigen dan energi (prana) ke dalam tubuh dan menjadi pendorong bagi pembaharuan dan revitalisasi sel-sel tubuh. Membantu membuat tubuh dan pikiran menjadi stabil. Read the rest of this entry »

Yoga Falsafah Hidup Umat Manusia

Yoga asal kata dari bahasa sansekerta yang artinya kesatuan. Orang-orang dari jaman dahulu sudah mengetahui bahwa manusia sebagai mahluk hidup paling sempurna diantara mahluk lainnya, terdiri dari satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan antara raga (lahir/tubuh), sukma (roh/batin/jiwa), akal (budhi/pikiran). Dikehidupannya mereka berkeyakinan bahwa kesatuan ini merupakan hal utama yang diajarkan turun temurun oleh umat manusia. Kesatuan ini mempunyai makna “berserah diri” dari diri yang lebih rendah terhadap Keutamaan yang Lebih Tinggi. Dalam ajaran agama Islam diungkapkan di Alquran surat Adz Dzaariyaat ayat 56 “Dan AKU tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-KU”. Menyembah disini berarti kita harus tunduk serta patuh pada segala perintahNYA dan menjauhi semua laranganNYA tanpa terkecuali, inilah prinsip dasar dari keutamaan kesatuan tersebut. Prinsip ini sama untuk semua ajaran manapun, semua mahluk akan tunduk pada penciptanya. Read the rest of this entry »

Search
Archives
Calendar
January 2010
M T W T F S S
« Dec   Nov »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
Chat With Me
Your IP Address
IP
Our Blog