Kenali dan Sayangi Ragamu

tubuh manusia

Masih ingatkah akan peribahasa : “Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta”. Maka seberapa dalamkah kita mengenal tubuh kita???

Manusia adalah hasil mahakarya Tuhan yang paling sempurna yang terdiri atas tubuh, jiwa dan pikiran, ketiga-tiganya merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Tubuh tempat tinggalnya diri kita (jiwa kita) merupakan mega mesin yang mampu melakukan keahlian fisik bio kimia yang menakjubkan. Ini lebih maju dan paling sempurna daripada mesin buatan manusia manapun. Sungguh luar biasanya mesin ciptaan Tuhan ini yang terbentuk dari bermilyar-milyar sel satuan jaringan hidup (kira-kira 50.000 milyar), kira-kira 96.000 km pembuluh darah jika kita rentangkan dari ujung ke ujung (panjang ini dua kali lipatnya keliling bumi), kira-kira 30.000 milyar sel darah merah (jenis sel yang paling umum dalam tubuh), kira-kira 75 km panjang saraf, kira-kira 5juta helai rambut, kira-kira 650 jumlah otot, 4 ½ liter darah, 206 buah tulang, lebih dari 20 jenis hormon dan banyak jenis organ lainnya yang ada dalam tubuh kita (sumber: Amazing Body Science. by Rosalind Lowe). Setelah kita mengenal tubuh, sejauh dan sedalam apakah kita mengetahui tentang cara tubuh kita bekerja yang selama bertahun-tahun berjalan dengan mulus dan bahkan dapat memperbaiki diri sendiri kalau ada sesuatu yang kurang beres.

Dalam ilmu anatomi dan fisiologi organ tubuh, tubuh manusia terdiri dari system, yaitu sekelompok organ yang mempunyai fungsi sejalan yang saling melengkapi, diantaranya system pernapasan, system pencernaan, system kardiovaskular, system saraf, system skelomuskular, system hormonal, system reproduksi dan system lainnya. Kalau kita sudah mengenal lebih dalam tubuh kita tentu kita akan lebih menyayangi dan memeliharanya dengan baik, yang akhirnya kita akan selalu bersyukur atas karunia Tuhan ini dan mencintai serta menghormati penciptanya.

Sekarang siapakah jiwa itu??? Jiwa adalah roh/batin yang tidak memiliki wujud bila tanpa tubuh dan tubuh tidak akan berarti bila tanpa jiwa tersebut, bagaikan sekumpulan tulang dan daging saja. Tubuh dan jiwa tidak ada artinya tanpa pikiran dan rasa. Jika kita ibaratkan tubuh sebagai sebuah kendaraan, maka pikirian sebagai pengendaranya. Pikiran ini dipengaruhi oleh 3 aspek hidup yaitu aksi, reaksi dan rasa (emosi). Dengan melakukan olahan tubuh dan olahan napas dibarengi dengan meditasi dan relaksasi yang baik (beryoga) maka akan terpeliharalah kondisi tubuh dan pikiran menjadi selaras, kita akan mengetahui kapan dan bagaimana cara memelihara dan memperbaiki diri kita. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati???? Untuk mencegah terjadinya kekakuan ketegangan dan ketidaknyamanan dalam tubuh serta pikiran maka lakukanlah yoga, karena yoga tidak lain adalah latihan menyeimbangkan antara tubuh pikiran dan jiwa tsb yang mengacu pada 5 prinsip dasar yoga yaitu :

  1. Asana : melakukan olahan tubuh yang berfokus pada peregangan otot, pelenturan persendian, penguatan tulang dan menstimulasi system hormonal.
  2. Pranayama : melakukan olahan napas, memaksimalkan fungsi paru-paru dalam bernapas yang akan mempengaruhi ke aliran darah, ke berbagai organ-organ dalam tubuh, menenangkan pikiran dan meningkatkan daya konsentrasi.
  3. Deit : menyeimbangkan pola makan yang baik yang akan mempengaruhi pada ke kesehatan tubuh.
  4. Savasana : istirahat yang cukup, ini akan mempengaruhi kepada daya tahan tubuh (imunitas).Vedanta (berpikir positif) dan meditasi, selalu berpikir positif akan melepaskan ego dan emosi yang merupakan salah satu penyebab stress.

Namaste

Leave a Reply

Search
Archives
Calendar
May 2019
M T W T F S S
« Dec    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
Chat With Me
Your IP Address
IP
Our Blog