Tujuan Hatha Yoga

Meningkatkan kesehatan dan kekuatan tubuh dengan cara memanfaatkan sumber cadangan energi tubuh (Chakra) dan sumber Prana.

Apa itu Chakra ?

CHAKRA adalah kumparan energi dalam tubuh.

Chakra merupakan pusat energi spiritual yang ada dalam tubuh manusia yang berperan dalam : Penyerapan energi (sumber prana) dan mendistribusikan energi tersebut keseluruh tubuh. Mengendalikan, memberi energi dan bertanggung jawab atas berfungsinya seluruh tubuh dan organ tubuh. Mempengaruhi fungsi kerja kelenjar endokrin yang bertugas dalam menjaga agar tubuh, pikiran dan jiwa tetap dalam kondisi yang seimbang dan harmonis.

Chakra terletak dalam kanal sushumna nadi (dalam rongga tulang punggung) hingga ke ubun-ubun. 7 Chakra utama dalam tubuh manusia :

  1. Muladhara, (dalam bahasa Sansekerta “dasar” atau “akar pendukung”) adalah chakra dasar yang berhubungan dengan daya tahan fisik, berkaitan dengan kemauan untuk bertahan hidup dan mempengaruhi vitallitas. Chakra ini mengendalikan dan memberi energi pada otot dan sistem kerangka, tulang punggung, kelenjar adrenal, produksi dan sifat darah yang dihasilkan. Chakra ini, juga mempengaruhi dan memberi energi pada organ seks.
    Gangguan fungsi chakra ini akan bermanifestasi pada penyakit radang sendi (artritis), gangguan tulang punggung, gangguan pertumbuhan, vitalitas yang rendah, gangguan darah, kanker, leukemia, alergi dan lambatnya penyembuhan luka dan tulang, dll.
  2. Svadistana, (“tempat tinggal diri”) adalah chakra sacral atau seksual terletak di tulang panggul, sekitar dua inchi dibawah pusar, berkaitan dengan kepuasan dan gairah diri. Tugas utama dari chakra ini adalah yang berhubungan pada penyerapan/ distribusi prana dan organ kemih.
    Gangguan fungsi chakra ini akan berakibat pada menurunnya fungsi daya sexual dan kandung kemih.
  3. Manipura, (“kota permata”), adalah chakra daerah perut. Berhubungan dengan kekuasaan, kekuatan fisik, dan berkaitan dengan kemauan keras. Tugas utama dari chakra ini adalah mengendalikan dan memberi energi pada organ-organ pencernaan diantaranya diafragma, pankreas, ginjal, hati, lambung, usus besar, usus halus, usus buntu, dan mempengaruhi kualitas darah.
    Gangguan fungsi chakra ini akan bermanifestasi sebagai penyakit diabet melitus, tukak lambung, radang hati, penyakit jantung dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan organ-organ tersebut.
  4. Anahata, (“suara yang tak dibunyikan”) adalah chakra jantung. Berkaitan pada rasa cinta, kasih sayang, sosial dan persatuan. Tugas utama dari chakra ini adalah mengendalikan dan memberikan energi pada jantung, kelenjar timus, paru-paru dan sistem peredaran darah.
    Gangguan fungsi chakra ini akan bermanifestasi sebagai penyakit jantung, penyakit system peredaran darah, paru-paru seperti asma, TBC, pneumonia (radang paru-paru) dll.
  5. Visudhi (“murni”) adalah chakra tenggorokan, berkaitan dengan komunikasi, kreativitas dan ekspresi diri. Tugas utama dari chakra ini adalah mengendalikan dan memberikan energi pada tenggorokan, kelenjar tiroid, kelenjar paratiroid dan sistem getah bening.
    Gangguan fungsi chakra ini akan bermanifestasi sebagai penyakit tenggorokan, asma, gondok dll.
  6. Ajna (“Perintah” atau “otoritas”) adalah chakra dahi atau mata ketiga, berkaitan dengan imajinasi dan intuisi. Tugas utama dari chakra ini adalah mengendalikan dan memberikan energi pada kelenjar hipofisis, pineal, kelenjar edokrin dan otak.
    Gangguan fungsi chakra ini bermanifestasi sebagai penyakit yang berkaitan dengan kelenjar endokrin seperti gondok, diabet melitus dll.
  7. Sahasrara (“ribuan kelopak”) adalah chakra mahkota terletak di ubun-ubun yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan, edukasi diri, kesadaran dan berkaitan pada spiritual dan budi luhur. Tugas utama dari chakra ini adalah mengendalikan dan memberikan energi kepada kelenjar pineal, kelenjar pituitary, otak serta seluruh kepala dan merupakan salah satu tempat masuk parana utama.
    Gangguan fungsi chakra ini akan bermanifestasi sebagai penyakit fisik maupun psikologis.

Chakra / energi spiritual ini berkaitan erat dengan ketujuh endrokrin utama dalam tubuh yang mempengaruhi kesehatan, kebugaran serta keseimbangan psikologi seseorang lewat pengeluaran hormon.

Hormon adalah suatu zat yang diproduksi oleh kelenjar endokrin yang langsung dimasukkan kedalam pembuluh darah. Kelenjar endokrin adalah suatu kelenjar yang tidak mempunyai saluran. Dengan berlatih yoga secara teratur maka kelenjar endokrin yang dihasilkan akan berkualitas baik. Kadar hormon yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin berpengaruh terhadap keadaan fisik kita menjadi seperti ini, mengatur metabolisme, mempengaruhi suasana hati (emosi), pola tidur, tingkat energi, selera makan, seksualitas dan inteligensia.

Apa itu Prana?

Prana adalah sumber energi utama yang mempertahankan kehidupan dan kesehatan tubuh. Tiga sumber utama energi prana adalah matahari, udara, dan bumi (gravitasi bumi).

  1. Prana yang berasal dari matahari bermanfaat untuk memperkuat seluruh tubuh dan membentuk tubuh yang sehat.
  2. Prana yang berasal dari udara diserap oleh paru-paru kita melalui proses pernapasan dan diserap cakra tubuh.
  3. Prana yang berasal dari bumi diserap oleh tubuh melalui telapak kaki khususnya telapak kaki yang tidak beralas.
  4. Air berasal dari prana matahari, udara dan bumi.

Leave a Reply

Search
Calendar
September 2019
M T W T F S S
« Dec    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
Chat With Me
Your IP Address
IP
Our Blog