Formulir Pendaftaran Peserta

Download Formulir Pendaftaran Peserta

Formulir Pendaftaran Peserta

Tata Cara Pendaftaran Peserta Training

1. Download Formulir Pendaftaran Peserta.

2. Cetak Formulir Pendaftaran Peserta.

3. Isi Dengan Lengkap Formulir Pendaftaran Peserta.

4. Scan atau Foto Dengan Ponsel Formulir Pendaftaran Peserta Yang Telah Di isi lengkap.

5. Kirimkan File Hasil Scan atau Foto Ponsel via e-mail ke shidmayoga@gmail.com, Selambat-lambatnya 1 (satu) minggu sebelum pelaksanaan Training.

6. Terima Kasih

Kenali dan Sayangi Ragamu

tubuh manusia

Masih ingatkah akan peribahasa : “Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta”. Maka seberapa dalamkah kita mengenal tubuh kita???

Manusia adalah hasil mahakarya Tuhan yang paling sempurna yang terdiri atas tubuh, jiwa dan pikiran, ketiga-tiganya merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Tubuh tempat tinggalnya diri kita (jiwa kita) merupakan mega mesin yang mampu melakukan keahlian fisik bio kimia yang menakjubkan. Ini lebih maju dan paling sempurna daripada mesin buatan manusia manapun. Sungguh luar biasanya mesin ciptaan Tuhan ini yang terbentuk dari bermilyar-milyar sel satuan jaringan hidup (kira-kira 50.000 milyar), kira-kira 96.000 km pembuluh darah jika kita rentangkan dari ujung ke ujung (panjang ini dua kali lipatnya keliling bumi), kira-kira 30.000 milyar sel darah merah (jenis sel yang paling umum dalam tubuh), kira-kira 75 km panjang saraf, kira-kira 5juta helai rambut, kira-kira 650 jumlah otot, 4 ½ liter darah, 206 buah tulang, lebih dari 20 jenis hormon dan banyak jenis organ lainnya yang ada dalam tubuh kita (sumber: Amazing Body Science. by Rosalind Lowe). Setelah kita mengenal tubuh, sejauh dan sedalam apakah kita mengetahui tentang cara tubuh kita bekerja yang selama bertahun-tahun berjalan dengan mulus dan bahkan dapat memperbaiki diri sendiri kalau ada sesuatu yang kurang beres.

Dalam ilmu anatomi dan fisiologi organ tubuh, tubuh manusia terdiri dari system, yaitu sekelompok organ yang mempunyai fungsi sejalan yang saling melengkapi, diantaranya system pernapasan, system pencernaan, system kardiovaskular, system saraf, system skelomuskular, system hormonal, system reproduksi dan system lainnya. Kalau kita sudah mengenal lebih dalam tubuh kita tentu kita akan lebih menyayangi dan memeliharanya dengan baik, yang akhirnya kita akan selalu bersyukur atas karunia Tuhan ini dan mencintai serta menghormati penciptanya.

Sekarang siapakah jiwa itu??? Jiwa adalah roh/batin yang tidak memiliki wujud bila tanpa tubuh dan tubuh tidak akan berarti bila tanpa jiwa tersebut, bagaikan sekumpulan tulang dan daging saja. Tubuh dan jiwa tidak ada artinya tanpa pikiran dan rasa. Jika kita ibaratkan tubuh sebagai sebuah kendaraan, maka pikirian sebagai pengendaranya. Pikiran ini dipengaruhi oleh 3 aspek hidup yaitu aksi, reaksi dan rasa (emosi). Dengan melakukan olahan tubuh dan olahan napas dibarengi dengan meditasi dan relaksasi yang baik (beryoga) maka akan terpeliharalah kondisi tubuh dan pikiran menjadi selaras, kita akan mengetahui kapan dan bagaimana cara memelihara dan memperbaiki diri kita. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati???? Untuk mencegah terjadinya kekakuan ketegangan dan ketidaknyamanan dalam tubuh serta pikiran maka lakukanlah yoga, karena yoga tidak lain adalah latihan menyeimbangkan antara tubuh pikiran dan jiwa tsb yang mengacu pada 5 prinsip dasar yoga yaitu :

  1. Asana : melakukan olahan tubuh yang berfokus pada peregangan otot, pelenturan persendian, penguatan tulang dan menstimulasi system hormonal.
  2. Pranayama : melakukan olahan napas, memaksimalkan fungsi paru-paru dalam bernapas yang akan mempengaruhi ke aliran darah, ke berbagai organ-organ dalam tubuh, menenangkan pikiran dan meningkatkan daya konsentrasi.
  3. Deit : menyeimbangkan pola makan yang baik yang akan mempengaruhi pada ke kesehatan tubuh.
  4. Savasana : istirahat yang cukup, ini akan mempengaruhi kepada daya tahan tubuh (imunitas).Vedanta (berpikir positif) dan meditasi, selalu berpikir positif akan melepaskan ego dan emosi yang merupakan salah satu penyebab stress.

Namaste

Cintailah Tulang Punggungmu

vertebre

Pepatah lama mengatakan “laki-laki adalah tulang punggung keluarga” , tetapi kenapa sekarang banyak keluhan masalah tulang punggung diderita kaum laki-laki, seperti sakit punggung, sakit pinggang, slipdisk, HNP sampai stroke banyak didominasi oleh kaum adam. Pepatah juga mengatakan: ”semuda apakah diri kita???… sesegar tulang punggung kita”.

Pekerjaan/rutinitas, gaya hidup, pola makan serta pikiran salah satu penyebab dominan di masa sekarang.

Terlalu lama duduk di depan komputer karena tuntutan pekerjaan maupun duduk di dalam mobil dengan kondisi jalanan yang selalu macet, ini adalah salah satu penyebab sakit tulang punggung, padahal di sepanjang rongga tulang punggung terdapat tali saraf pusat yang langsung berhubungan ke master gland yang ada di otak, diantara rongga-rongga tulang punggung keluar saraf-saraf yang berhubungan keseluruh organ-organ tubuh.

Kalau kita mau cermati dan lebih bijaksana dalam menjalani hidup ini, bukan karena pekerjaan/rutinitas yang harus dipersalahkan, akan tetapi cara/pola duduk kita yang salah. Kita tidak sadar bahwa tulang punggung yang sehat adalah posisi punggung yang dalam keadaan panjang/tegak, tidak membungkuk/memendek, maka dari itu biasakanlah duduk tegak agar tulang punggung kita dalam keadaan netral.

Bagaimana cara menguatkan tulang punggung???

Lakukan latihan untuk menguatkan otot perut (otot perut sebagai penopang si tulang punggung) dan latihan menguatkan tubuh bagian atas (tubuh bagian atas harus dikuatkan agar dapat mencegah/melawan efek dari gravitasi bumi yang selalu menarik segala sesuatu kebawah, tanpa kita sadari salah satu efek gravitasi terhadap tubuh kita, kita merasa nyaman kalau duduk dengan posisi membungkuk karena tubuh bagian atas kita kurang kuat untuk melawan graviatasi tersebut, padahal posisi ini akan mencederai tulang lumbar kita sebagai titik gravitasi tubuh kita), lakukan :

– Belly crunch/ sit up.

– Push up.

– Back up.

– Arm balancing.

dan lakukan stretching untuk menyegarkan tulang punggung seperti :

– Uthanasana/ berdiri tegak dengan menarik tubuh kearah depan.

– Utittha hastasana/ berdiri tegak dengan menarik tubuh kearah belakang.

– Utittha parsva tadasana/ berdiri tegak dengan menarik tubuh kearah samping kiri dan kanan.

– Meru wakrasana/ berdiri tegak dengan memutar tubuh kearah samping belakang kiri dan samping belakang kanan.

dan masih banyak posisi/postur yg lainnya yang diajarkan di yoga.

Dibarengi dengan olahan napas yang baik dan konsentrasi penuh ke gerakkan tubuh dan olahan napasnya.

Namaste

PRANAYAMA (Tehnik Pernapasan)

Prana (Sansekerta) atau Chi (Cina) atau Ki (Jepang) artinya kehidupan/ energi/ napas.
Yama/ Ayama (Sansekerta) artinya pengendalian, mengembangkan, memanjangkan.
Pranayama artinya memanjangkan kehidupan atau pengendalian energi/ napas.

Dalam berlatih hatha yoga, maka kita berlatih melakukan pernapasan penuh (pernapasan dalam) yang biasa disebut dengan Dhirga Swasam. Dhirga Swasam merupakan gabungan dari tiga langkah dalam bernapas, sebagai berikut :

  1. Napas Clavicular : napas-pendek-bahu
  2. Napas Intercostal : napas-sedang-dada
  3. Napas Abdominal : napas-dalam-diafragma

Dhirga Swasam dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru, menenangkan pikiran dan menimbulkan kejernihan batin, kedamaian pikiran, merelekkan otot-otot tubuh, menyegarkan sel-sel dan organ-organ dalam tubuh, membersihkan racun dalam tubuh dan menambah vitalitas. Read the rest of this entry »

ASANA/POSTUR

ASANA/Postur/Posisi/Sikap Tubuh

Asana mempengaruhi setiap aspek diri seseorang baik secara fisik maupun mental. Selain menyeimbangkan kerja sistem kelenjar juga menstimulasi sirkulasi darah dan prana, merelakkan otot-otot tubuh dan meningkatkan daya konsentrasi serta pemusatan pikiran.

Asana melatih otot-otot untuk berkontraksi (bergerak), mengeluarkan cadangan gula dalam tubuh dirubah menjadi asam susu dan asam susu dirubah menjadi tenaga tambahan.

Selama melakukan asana disertai dengan pernapasan dalam maka darah banyak menyerap oksigen yang sangat dibutuhkan oleh sel-sel tubuh. Selama melakukan asana tenaga lebih banyak dikumpulkan dari pada dipergunakan, sehingga tubuh penuh dengan energi vitalitas yang menyegarkan. Read the rest of this entry »

5 Prinsip Hatha Yoga

Hatha Yoga bertujuan membantu seseorang dalam mengembangkan pikiran melalui sebuah lima system / 5 Prinsip yang lengkap yaitu :

  1. Berlatih dengan benar dan tepat (Asana atau sikap tubuh) tujuannya untuk membantu melenturkan persendian, menguatkan tulang, menguatkan otot-otot tubuh, menstimulatasi sirkulasi darah, meningkatkan pemusatan pikiran dan daya konsentrasi yang akan mempengaruhi pada pengeluaran kelenjar endorfin, melatonin (kelenjar-kelenjar penenangan).
  2. Pernapasan yang benar (Pranayama atau teknik pernapasan), meningkatkan asupan oksigen dan energi (prana) ke dalam tubuh dan menjadi pendorong bagi pembaharuan dan revitalisasi sel-sel tubuh. Membantu membuat tubuh dan pikiran menjadi stabil. Read the rest of this entry »

Yoga Falsafah Hidup Umat Manusia

Yoga asal kata dari bahasa sansekerta yang artinya kesatuan. Orang-orang dari jaman dahulu sudah mengetahui bahwa manusia sebagai mahluk hidup paling sempurna diantara mahluk lainnya, terdiri dari satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan antara raga (lahir/tubuh), sukma (roh/batin/jiwa), akal (budhi/pikiran). Dikehidupannya mereka berkeyakinan bahwa kesatuan ini merupakan hal utama yang diajarkan turun temurun oleh umat manusia. Kesatuan ini mempunyai makna “berserah diri” dari diri yang lebih rendah terhadap Keutamaan yang Lebih Tinggi. Dalam ajaran agama Islam diungkapkan di Alquran surat Adz Dzaariyaat ayat 56 “Dan AKU tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-KU”. Menyembah disini berarti kita harus tunduk serta patuh pada segala perintahNYA dan menjauhi semua laranganNYA tanpa terkecuali, inilah prinsip dasar dari keutamaan kesatuan tersebut. Prinsip ini sama untuk semua ajaran manapun, semua mahluk akan tunduk pada penciptanya. Read the rest of this entry »

Manfaat Hatha Yoga

  1. Meningkatkan fungsi kerja kelenjar endokrin (hormonal) dalam tubuh, antara lain :
    • Kelenjar Pituitary, sebagai kordinator seluruh kelenjar, mengatur kerja sel tubuh.
    • Kelenjar Pineal, bersama dengan kelenjar adrenal pada masa menopouse akan menghasilkan senyawa sejenis estrogen.
    • Kelenjar Tiroid, mengatur metabolisme tubuh.
    • Kelenjar Paratiroid, mengatur dan mempertahankan kalsium dalam darah.
    • Kelenjar Tymus, bekerja untuk kekebalan tubuh.
    • Kelenjar Pankreas, mengeluarkan 3 macam enzim pencernaan, menghasilkan glukosa (gula darah), menghasilkan insulin (mengatur gula dalam darah), menetralkan asam lambung yang masuk ke usus 12 jari.
    • Kelenjar Adrenal, menstimulasi persediaan glukosa dalam lever, menambah produksi hormon estrogen/ endrogen.
    • Kelenjar Estrogen, mengatur kalsium dalam tulang.
    • Kelenjar Progesteron, merangsang pembentukan tulang.
  2. Meningkatkan sirkulasi darah keseluruh sel tubuh dan otak. Dengan berlatih postur yoga dan teknik pernapasan maka aliran darah akan terkonsentrasi ke bagian tubuh tertentu.
  3. Meningkatkan kapasitas paru-paru saat bernapas.
  4. Meningkatkan fleksibiliti otot-otot tubuh dan persendian serta menguatkan tulang.
  5. Rehabilitasi postur tubuh menjadi lebih tegap dan simetris.
  6. Detoksifikasi.
  7. Regenerasi dan revitalisasi sel-sel tubuh.
  8. Memperlambat penuaan.
  9. Memurnikan saraf pusat yang terdapat di tulang belakang.
  10. Relaksasi.
  11. Meningkatkan konsentrasi, meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan untuk selalu berpikir positif.

Tujuan Hatha Yoga

Meningkatkan kesehatan dan kekuatan tubuh dengan cara memanfaatkan sumber cadangan energi tubuh (Chakra) dan sumber Prana.

Apa itu Chakra ?

CHAKRA adalah kumparan energi dalam tubuh.

Chakra merupakan pusat energi spiritual yang ada dalam tubuh manusia yang berperan dalam : Penyerapan energi (sumber prana) dan mendistribusikan energi tersebut keseluruh tubuh. Mengendalikan, memberi energi dan bertanggung jawab atas berfungsinya seluruh tubuh dan organ tubuh. Mempengaruhi fungsi kerja kelenjar endokrin yang bertugas dalam menjaga agar tubuh, pikiran dan jiwa tetap dalam kondisi yang seimbang dan harmonis. Read the rest of this entry »

Hatha Yoga

Hatha dalam bahasa Sansekerta adalah  Ha artinya matahari, Tha artinya bulan. Matahari dan bulan merupakan dua sumber kekuatan alam yang berbeda.

Hathta Yoga adalah   suatu   sistem    pelatihan yang  menggunakan  berbagai      teknik  membentuk     sikap   tubuh (asana) disertai  dengan  teknik pernapasan  (pranayama) guna   mencapai   suatu    keseimbangan  antara    dua kekuatan  yang  berbeda di dalam tubuh, seperti tubuh bagian atas dan tubuh bagian bawah, tubuh bagian kiri dan tubuh bagian kanan, tarikan napas dan hembusan napas, energi positif dan energi negatif, dst.

Dengan berlatih hatha yoga secara teratur, maka kita akan terbebas dari stress tubuh, pikiran negatif dan emosi. Juga akan memberikan dorongan pada keseimbangan hormonal untuk perbaikan mental, spiritual dan kesehatan secara maksimal. Read the rest of this entry »

Search
Archives
Calendar
December 2017
M T W T F S S
« Dec    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
Chat With Me
Your IP Address
IP
Our Blog