5 Prinsip Hatha Yoga

Hatha Yoga bertujuan membantu seseorang dalam mengembangkan pikiran melalui sebuah lima system / 5 Prinsip yang lengkap yaitu :

  1. Berlatih dengan benar dan tepat (Asana atau sikap tubuh) tujuannya untuk membantu melenturkan persendian, menguatkan tulang, menguatkan otot-otot tubuh, menstimulatasi sirkulasi darah, meningkatkan pemusatan pikiran dan daya konsentrasi yang akan mempengaruhi pada pengeluaran kelenjar endorfin, melatonin (kelenjar-kelenjar penenangan).
  2. Pernapasan yang benar (Pranayama atau teknik pernapasan), meningkatkan asupan oksigen dan energi (prana) ke dalam tubuh dan menjadi pendorong bagi pembaharuan dan revitalisasi sel-sel tubuh. Membantu membuat tubuh dan pikiran menjadi stabil.
  3. Relaksasi yang tepat (savasana), melepaskan ketegangan dan racun dalam tubuh, cara untuk mengendalikan berbagai potensi otot dan saraf, merevitalisasi organ-organ dalam tubuh, meregerasi sel-sel tubuh, meningkatkan energi dalam tubuh.
  4. Berpikir positif (Vedanta) dan Meditasi, dapat membantu megendalikan emosi, memurnikan pikiran dan meningkatkan rasa percaya diri. Meditasi membantu kita untuk menenangkan pikiran sehingga kita dapat menghubungi Diri Abadi kita dan menemukan kebahagiaan sejati. Kebahagiaan sejati tidak bergantung pada suatu materi.
  5. Pola makan, dengan pola makan seimbang, cukup akan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh akan meningkatkan kesehatan yang menyeluruh.

Hatha yoga bekerja untuk memperbaiki fungsi kelenjar dalam tubuh dan membebaskan sumbatan energi diantara cakra, memberikan kontribusi pada kadar hormon yang sehat dan keseimbangan kalsium. Seseorang yang terbiasa berlatih hatha yoga secara teratur maka ia dapat :

  1. Menditeksi dan mengevaluasi kekuatan tubuh bagian atas dan tubuh bagian bawah untuk mempertahankan kadar kalsium dan membentuk kekuatan otot.
  2. Memperbaiki fungsi ovarium/testikal, anak ginjal/ adrenal dan paratiroid untuk membentuk dan mempertahankan tulang yang kuat dan mencegah osteoporosis pada masa menoposue (bagi wanita), andropause (bagi laki-laki).
  3. Memperbaiki cara kerja kelenjar anak ginjal/ adrenal dan pineal guna untuk memproduksi senyawa sejenis estrogen/androgen yang akan mengimbangi turunnya kadar estrogen/androgen pada saat masa tua nanti.
  4. Meringankan lima keluhan pada saat menjelang menopouse (bagi wanita) yang paling umum antara lain : suasana hati yang berubah drastis, kurang energi, ketidakmampuan untuk berkonsentrasi, berat badan yang meningkat, dan pola tidur yang kacau.

Leave a Reply

Search
Calendar
November 2019
M T W T F S S
« Sep    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  
Chat With Me
Your IP Address
IP
Our Blog